Just another WordPress.com site



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
Jangan mengukur sukses Anda dengan menghitung simbol-simbol prestise Anda dan meniru orang lain, tetapi dengan menghidupkan aspek-aspek mekanisme sukses :

S : Sense of direction (arah tujuan).
Anda mesti punya tujuan, suatu keinginan atau cita-cita yang ada dalam berbagai kemampuan anda.

U : Understanding (pengertian).
Anda harus memahami kebutuhan-kebutuhan Anda dan orang lain. Mungkin Anda sebuah pulau dalam diri Anda, tetapi Anda sebetulnya “tanah daratan” bersama orang lain.

C : Courage (keberanian).
Anda harus memiliki kebe-ranian untuk memanfaatkan kesempatan Anda dalam hidup. Jika Anda berbuat kesalahan, cobalah lagi dan lagi! Renungkanlah kata-kata Alfieri : “Seringkali keberanian teruji bukan untuk mati tetapi untuk hidup”

C : Compassion (rasa belas kasihan).
Anda harus punya belas kasih terhadap diri Anda sendiri dan juga orang lain. Anda mesti melihat diri anda dan orang lain dengan mata yang baik jika ingin bahagia dan membuang perasaan-perasaan sepi yang menakutkan. Schopenhauer berkata : “ Belas kasihan adalah dasar dari segala moralitas”

E : Esteem (penghargaan).
Jika Anda tidak memiliki rasa hormat atau penghargaan terhadap diri sendiri, tak seorang pun akan memberikan penghargaan pada Anda.Epictetus, filsuf Yunani pernah mengatakan, “Apa yang telah kubuat hilang ; apa yang telah kuberikan kudapatkan.”Ketika Anda menyumbangkan sesuatu untuk hidup Anda, Anda memperbesar rasa harga diri Anda ( sense of worth).

S : Self-acceptance (penerimanaan diri).
Anda harus menerima diri Anda sebagaimana Anda adanya. Jangan pernah mencoba menjadi orang lain. George Bernard Shaw mengatakan, “Lebih baiklah menjaga keberhasilan dan kecermelangan diri Anda, karena Anda adalah pintu untuk melihat dunia”. Kita dapat mengatakan, “Lebih baik menjaga kebersihan dan kecermelangan citra diri kita, karena ia pintu untuk melihat dunia ini”.

S : Self-confidence (percaya diri).
Anda harus ingat akan kepercayaan dan sukses-sukses yang lalu dalam segala usaha Anda sekarang. Anda mesti berkonsentrasi pada sukses Anda seperti para pemain profesional dalam olahraga. Mereka melupakan saat-saat kalah di masa lalu dan berusaha untuk menang sekarang ini. Anda harus pakai teknik tersebut untuk menjadi juara dalam seni kehidupan ini dengan mengingat bahwa Anda tidak dapat menjadi seorang juara 100% setiap kali.

Created by Rudy Lim
rudyhdlim@yahoo.com
Founder of Winner’s Club

Ada sejumlah indikator kunci yang bisa digunakan untuk melacak sejauh mana seseorang memiliki work engagement yang kokoh. GallupOrganization, sebuah lembaga riset human behavior terkemuka, telah merancang sebuah instrumen yang mereka sebut sebagai Q -12 untuk mengidentifikasi level engagement itu.

Instrumen Q 12 ini berisikan 12 pertanyaan (questions) yang layak kita eksplorasi disini.

1. Pertanyaan yang pertama adalah : Dalam pekerjaan Anda, apakah Anda mengetahui dengan jelas ekspektasi yang diharapkan dari Anda? Pertanyaan ini penting, sebab jangan-jangan selama ini Anda tak tahu persis apa tujuan dan harapan dari atasan mengenai hasil akhir pekerjaan yang diinginkan.

2. Apakah Anda dibekali dengan peralatan dan bahan yang tepat serta diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan benar? Kira-kira fasilitas kantor Anda sudah oke atau belum? Apakah komputer yang Anda pakai sudah kelas Dual Core atau masih kelas Pentium (pentium 2 lagi); apakah ruang kerja Anda sudah nyaman, atau sebaliknya, kumuh bak terminal bis?

3. Dalam menuntaskan tugas, apakah Anda diberi kesempatan dan didorong untuk mempersembahkan yang terbaik setiap harinya? Adakah atasan dan segenap lingkungan kantor secara simultan mendorong Anda to do your best every single day?

4. Dalam tujuh hari terakhir, apakah Anda pernah menerima pujian dan apresiasi atas tugas yang telah Anda selesaikan dengan sempurna? Jangan-jangan selama kerja puluhan tahun, Anda ndak pernah menerima secuilpun apresiasi dan pujian? Duh.

5. Apakah atasan atau rekan kerja menganggap Anda sebagai “a person” ? Mungkin Anda sendiri tahu maknanya, tanpa perlu dijelaskan.

6. Apakah di kantor ada seseorang yang care dan selalu meng-encourage pengembangan diri Anda? Atau Anda dibiarkan untuk melakoni rute panjang pengembangan diri itu sendirian. Dibiarkan mengembara dalam sepi dan kesunyian…

7. Dalam proses penyelesaian pekerjaan, Apakah opini dan pendapat Anda dihargai? Atau sebaliknya, dicuekin melulu (aduh capek deh….).

8. Apakah visi/misi perusahaan membuat Anda merasa bangga dengan tugas yang Anda kerjakan sekarang? Atau jangan-jangan Anda sendiri tak pernah tahu visi/misi perusahaan Anda. Hello……

9. Apakah segenap rekan kerja Anda memiliki komitmen untuk merampungkan pekerjaan yang berkualitas? Atau semuanya bekerja dengan semangat ala kadarnya saja.

10. Apakah Anda memiliki best friend di kantor? Ah, temen sejati gw sih cuman ada di Facebook, begitu mungkin hati Anda berbisik. Wah cilaka, kalo begitu.

11. Dalam enam bulan terakhir, apakah ada someone yang berbicara dengan Anda mengenai perkembangan ketrampilan Anda? About your progress?

12. Dalam setahun ini, apakah Anda memiliki sejumlah peluang to learn and grow? Tumbuh dan berkembang menjadi insan yang produktif nan termotivasi?

Itulah 12 pertanyaan kunci dalam Gallup Q-12. Jika Anda memberikan jawaban negatif lebih dari 10 pertanyaan diatas; kemungkinan Anda mengalami apa yang disebut “actively dis-enganged”. Kalau ada lebih dari 6 jawaban negatif berarti Anda merasa “dis-engaged”.

Kalau demikian, jangan hanya pasif belaka. Do something. Email-kan 12 pertanyaan kunci diatas kepada CEO atau HR Director di kantor Anda; dan kemudian bangunlah dialog untuk mencari solusi yang paling optimal. Sebab hanya dengan itulah, spirit motivasi Anda dan semua rekan kerja Anda bisa terus menyala.

Oke, salam semangat pagi teman !! Semoga hari ini, motivasi Anda semua bisa terus berkibar sepanjang hari !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: